ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN - ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA SMAN 1 TERARA TAHUN AJARAN 2022/2023

NURUL, HIDAYAH (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN - ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA SMAN 1 TERARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi nurul hidayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
artikel nurul hidayah.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (807kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika open - ended ditinjau dari gaya belajar. Materi yang digunakan adalah sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV). Subjek penelitian berjumlah 6 orang peserta didik kelas X MIPA 5 SMAN 1 Terara tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mengelompokkan peserta didik berdasarkan gaya belajarnya, tes tertulis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika open – ended, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis berbeda – beda pada masing – masing peserta didik dengan gaya belajar berbeda; (1) Peserta didik dengan gaya belajar visual mampu mengekspresikan ide-ide atau permasalahan matematika melalui tulisan, mampu menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi, dan simbol matematika dalam menyajikan ide matematika; (2) Peserta didik dengan gaya belajar auditorial mampu mengekspresikan ide-ide atau permasalahan matematika melalui tulisan, mampu menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi, dan simbol matematika dalam menyajikan ide matematika serta mampu menarik kesimpulan dari pernyataan matematika; (3) Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik mampu mengekspresikan ide-ide atau permasalahan matematika melalui tulisan, mampu menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi, dan simbol matematika dalam menyajikan ide matematika

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gaya Belajar; Komunikasi Matematis; Masalah Matematika; Soal open – ended; Persamaan Linier Tiga Variabel.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:18
Last Modified: 27 Jul 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41789

Actions (login required)

View Item View Item