EFEKTIFITAS KOMIK SAINS “CACING NYALE” SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG BELAJAR BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTS NURUL JANNAH AMPENAN KOTA MATARAM

TASYA NURUL, AULIA (2023) EFEKTIFITAS KOMIK SAINS “CACING NYALE” SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG BELAJAR BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTS NURUL JANNAH AMPENAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-Tasya Nurul Aulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Tasya Nurul Aulia.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komik sains cacing nyale sebagai media pendukung belajar biologi dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen yang dilakukan pada tanggal 22-23 November 2022 di Mts Nurul Jannah Ampenan Kota Mataram. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan soal tes pilihan ganda berjumlah 15 soal. Pemberian soal tes dilakukan sebelum penerapan (pre-test) dan setelah penerapan (post-test) dengan masing-masing 15 menit pengerjaan soal.analisis data menggunakan N-Gain Score dengan menghitung score pot-test dikurangi pre-test dibagi score maximal dikurangi pre-test. Hasil rata-rata dari N-gain score dari penelitian ini adalah 0.3 untuk hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan persentase masing-masing 58% dan 57% yang termasuk dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): komik, cacing nyale, hasil belajar, kognitif, berpikir kritis, n-gain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:17
Last Modified: 27 Jul 2023 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41793

Actions (login required)

View Item View Item