ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2022/2023

AMALIA, SUKMAWATI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Amalia Sukmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Amalia Sukmawati.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada materi program linear ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI SMAN 1 Narmada. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan satu kelas dengan subjek penelitian berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa, tes tertulis untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa pada materi program linear, dan wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas konstruk menggunakan pendapat para ahli. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu diadopsi dari Miles dan Hiberman yang terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) kesimpulan. Hasil penelitian kemampuan representasi matematis siswa bergaya belajar visual memiliki nilai rata-rata sebesar 40,97 berkategori rendah. Nilai rata-rata kemampuan representasi matematis bergaya belajar auditorial sebesar 54,53 berkategori sedang. Nilai rata-rata kemampuan representasi matematis bergaya belajar kinestetik sebesar 55,83 berkategori sedang. Hal ini menunjukkan kemampuan representasi matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada materi program linear kelas XI di SMAN 1 Narmada tergolong sangat rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Belajar, Program Linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41800

Actions (login required)

View Item View Item