PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022

SRI WAHYUNI, KAMESA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI WAHYUNI KAMESA_E1E217172.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SRI WAHYUNI KAMESA_E1E217172.pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Example Non Example terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 8 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif dengan metode penelitian eksperimen mencari pengaruh variabel bebas yaitu model pembelajaran Cooperative Learning tipe Example Non Example terhadap variabel terikat yaitu hasil belajar. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design. Bentuk dari desain quasi experimental design yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 8 Cakranegara, sampel penelitian yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VB yang berjumlah 23 siswa dan kelas VA berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda untuk pre-test dan post-test. Hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Example Non Example untuk pertemuan pertama berkriteria tinggi dengan nilai sebesar 75 dan untuk pertemuan kedua berkriteria sangat tinggi dengan nilai sebesar 83. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistic Deskriptif yang mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Pengambilan data dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dengan taraf signifikan untuk kelas eksperimen 0,166, untuk kelas kontrol 0,162, jadi data kedua kelas berdistribusi normal. Dasar pengambilan data uji homogenitas dari table test homogeny of variance, based of mean diperoleh signifikansinya 0.905 artinya nilai sig ≥ 0,05 dan data post-test kedua kelas dinyatakan homogen. Hasil uji hipotesis penelitian ini di uji dengan teknik independent samples t-test berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% dengan df = 44 diperoleh t-hitung = 2,325, sedangkan t-tabel = 1,680, sehingga t-hitung = 2,325 ≥ t-tabel = 1.680. Pada taraf signifikansi 0,05 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu sig 2 tailed < 0,05 maka hipotesis alternative (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Example Non Example terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 8 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Learning tipe Example Non Example, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41801

Actions (login required)

View Item View Item