SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA DI TPS3R (TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH REDUCE, REUSE, RECYCLE) DESA ANYAR BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE

Dewi Putri, Cantica SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA DI TPS3R (TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH REDUCE, REUSE, RECYCLE) DESA ANYAR BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE. UNSPECIFIED thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA Dewi Putri Cantica-F1D019019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Dewi Putri Cantica.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Poster Dewi Putri Cantica.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle) Desa Anyar adalah suatu instansi yang bergerak dibidang lingkungan sosial, dimana TPS3R mengolah sampah yang dihasilkan di Desa Anyar menjadi produk yang lebih berharga secara materi kemudian dijual sehingga mendapatkan keuntungan. Namun permasalahan yang ada adalah mereka memiliki pengelolaan data masih menggunakan cara konvensional menggunakan pembukuan biasa sehingga ada kemungkinan kehilangan data karena sobek maupun hilang. Sehingga berdasarkan permasalahan tersebut peneliti akan membuat suatu sistem informasi yang dapat membantu mereka dalam melakukan pencatatan data berupa data sampah, hasil produksi, penjualan dan rugi laba yang didapatkan, selain itu dengan menggunakan sistem ini nantinya akan membantu pengelola dalam menghitung keuntungan yang didapat sehingga dapat dengan mudah melakukan monitoring terhadap perkembangan usaha yang dimiliki. Berdasarkan latar belakang tersebut, dalam penelitian ini akan dibuat sebuah Sistem Informasi Pengelolaan Data Di TPS3R Desa Anyar Berbasis Website Menggunakan Metode Prototype dengan harapan dapat membantu TPS3R Desa Anyar dalam melakukan pencatatan dan pengeloaan data yang ada disana. Setelah dilakukan proses pembuatan produk maka proses selanjutnya adalah testing dengan menggunakan blackbox testing dan UAT (User Acceptance Test). Berdasarkan blackbox testing yang dilakukan juga bersama user didapatkan bahwa seluruh menu dan fitur yang diuji adalah valid atau sesuai. Hasil UAT (User Acceptance Test) mendapat nilai rata-rata sebesar 87.23% dimana ini menunjukan bahwa sistem ini sudah baik dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Keywords (Kata Kunci): Sampah, TPS3R, Sistem Informasi, Metode Prototype.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41811

Actions (login required)

View Item View Item