PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PRINGGASELA TAHUN AJARAN 2022/2023

HAFIZOTUL, WAHYI (2023) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PRINGGASELA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi HAFIZOTUL WAHYI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL HAFIZOTUL WAHYI.pdf

Download (563kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pringgasela tahun ajaran 2022/2023 dengan menerapkan pendekatan problem posing di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 56 orang yang terdiri dari 28 peserta didik pada kelas VII A dan 28 peserta didik pada kelas VII B. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design atau dengan memberikan pretest-posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket motivasi belajar peserta didik dan soal tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis N-Gain dan uji hipotesis dengan menggunakan Paired Samples T Test dan uji MANOVA dengan langkah-langkah menentukan formulasi hipotesis, memntukan taraf nyata, menentukan kriteria pengujian, dan membuat kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan: 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik dimana motivasi belajar pada kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol tetap dengan nilai peningkatan sebesar 0,010 pada kelas kontrol tetap dan nilai peningkatan sebesar 0,33 pada kelas eksperimen; 2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dimana hasil belajar pada kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol tetap dengan nilai peningkatan sebesar 0,40 pada kelas kontrol tetap dan nilai peningkatan sebesar 0, 48 pada kelas eksperimen 3) terdapat pengaruh penerapan problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pringgasela dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 atau > 0,05;

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): problem posing, motivasi belajar peserta didik, hasil belajar peserta didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:36
Last Modified: 31 Jul 2023 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41825

Actions (login required)

View Item View Item