Pola Komunikasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMAN 5 Mataram

KHAERUN, NISA (2023) Pola Komunikasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMAN 5 Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Skripsi Khaerunnisa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui (1) bagaimana pola kepemimpinan komunikasi kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram (2) bagaimana hambatan komunikasi kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram (3) bagaimana upaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan mengatasi hambatan komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Sumber data penelitian adalah subjek penelit ian dan informan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) pola komunikasi kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram terdiri dari pola komunikasi roda, pola komunikasi rantai dan pola komunikasi bintang. Pola komunikasi roda digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru diantaranya yaitu profesionalisme guru, kemampuan mengajar guru dan iklim kerja. Pola komunikasi rantai digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru diantaranya yaitu hubungan guru dengan masyarakat dan kesejahteraan. Pola komunikasi bintang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru diantaranya yaitu kepribadian dan dedikasi, kemampuan mengajar, antar hubungan dan komunikasi, kedisiplinan dan iklim kerja, (2) hambatan komunikasi kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram yaitu terjadi karena perbedaan karakter dan kepribadian serta perbedaan pendapat dan pemikiran antara guru dengan kepala sekolah, (3) upaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan mengatasi hambatan komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram yaitu dengan kepala sekolah menyederhanakan bahasa, adanya perasaan empati dan guru menyimak secara efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pola komunikasi, kepala sekolah perempuan, kinerja guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:37
Last Modified: 31 Jul 2023 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41834

Actions (login required)

View Item View Item