PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATEMATIKA BERBASIS MIND MAPPING MATERI DEBIT UNTUK SISWA KELAS V SDN 26 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023

SRI HIDRO, LAKSMI (2023) PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATEMATIKA BERBASIS MIND MAPPING MATERI DEBIT UNTUK SISWA KELAS V SDN 26 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI HIDROLAKSMI_E1E217171.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SRI HIDROLAKSMI_E1E217171.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan buku saku matematika berbasis mind mapping pada materi debit serta untuk mengetahui kelayakan buku saku matematika berbasis mind mapping materi debit menurut penilaian validator. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Reserch And Development) dengan model pengembangan versi ADDIE. Tahapan pertama yang dilakukan adalah Analysis yaitu menganalisis penggunaan buku paket matematika pada siswa kelas V dan menganalisis kebutuhan siswa yang menunjang kegiatan belajar matematika materi debit. Tahapan kedua adalah Design yaitu perancangan dilakukan dengan menentukan ukuran, menentukan KD, indikator, tujuan pembelajaran dan panduan penggunaan buku saku selain itu juga menentukan materi dan merancang tampilan pada buku saku matematika berbasis mind mapping materi debit. Pada tahapan Development dilakukan pengujian dari validator ahli materi dan ahli media. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media dengan hasil penelitian masing-masing adalah 81% dan 83% artinya penilaian buku saku matematika berbasis mind mapping sangat layak untuk digunakan. Tahap selanjutnya implementasi yaitu melakukan uji coba produk berupa buku saku matematika berbasis mind mapping. Uji coba ini dilakukan kepada 5 orang siswa kelas V. Siswa di kelas belajar matematika materi debit menggunakan buku saku berbasis mind mapping dengan prosedur pembelajaran yang ditetapkan antara lain: melakukan apersepsi, menjelaskan materi pokok, meminta siswa membuka buku saku matematika untuk memperhatikan peta konsep, kemudian menjelaskan garis besar materi debit yang dibagi jadi dua, meminta siswa untuk menyebutkan beberapa sub dari volume dan debit secara bergantian. Penjelasan materi sesuai, selanjutnya menjelasan lebih dalam dari sub-sub materi seperti karakteristik masing-masing volume, bangun ruang, kubus, balok, tabung, yang dilanjutkan dengan pembahasan cara menghitung debit. Tahap terakhir yaitu Evaluation yang dimaksudkan untuk mengetahui implementasi yang sudah dilakukan di sekolah dan mengetahui kualitas buku saku yang dikembangkan. Evaluasi buku saku sudah mendapat kategori sangat layak dari penilaian validator ahli materi dan ahli media.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Buku Saku, Mind Mapping, Debit, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:37
Last Modified: 31 Jul 2023 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41835

Actions (login required)

View Item View Item