MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) BERBASIS PROYEK DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMAN 1 EMPANG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

RISKI YANA, WULANDARI (2023) MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) BERBASIS PROYEK DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMAN 1 EMPANG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKIRIPSI-RISKI YANA WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL- RISKI YANA WULANDARI.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran STEM berbasis proyek dalam pemahaman konsep siswa SMAN 1 Empang pada materi pencemaran lingkungan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA yang ada di SMAN 1 Empang, terdiri dari 5 kelas yaitu kelas X IPA 1 – X IPA 5. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran STEM berbasis proyek dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan dua variabel, variabel bebas (X) adalah model pembelajaran STEM dan variabel terikat (Y) adalah pemahaman konsep siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample ttest pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Ada Pengaruh Model Pembelajaran STEM Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Empang Pada Materi Pencemaran Lingkungan”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran STEM, Model pembelajaran konvensional, pemahaman konsep siswa, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:37
Last Modified: 31 Jul 2023 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41839

Actions (login required)

View Item View Item