RISKI YANA, WULANDARI (2023) MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) BERBASIS PROYEK DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMAN 1 EMPANG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKIRIPSI-RISKI YANA WULANDARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
ARTIKEL- RISKI YANA WULANDARI.pdf Download (716kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran STEM berbasis proyek dalam pemahaman konsep siswa SMAN 1 Empang pada materi pencemaran lingkungan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA yang ada di SMAN 1 Empang, terdiri dari 5 kelas yaitu kelas X IPA 1 – X IPA 5. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran STEM berbasis proyek dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan dua variabel, variabel bebas (X) adalah model pembelajaran STEM dan variabel terikat (Y) adalah pemahaman konsep siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample ttest pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Ada Pengaruh Model Pembelajaran STEM Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Empang Pada Materi Pencemaran Lingkungan”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model pembelajaran STEM, Model pembelajaran konvensional, pemahaman konsep siswa, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 00:37 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 00:37 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41839 |
Actions (login required)
View Item |