PENGARUH MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS III SDN 1 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022

MAULIA ANISA, SABILLA (2023) PENGARUH MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS III SDN 1 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Maulia Anisa Sabilla (E1E218086).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL Maulia Anisa Sabilla (E1E218086).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas III SDN 1 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Cakranegara yaitu kelas III/A, III/B dan III/C. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan hasil kelas III/A sebagai kelas eksperimen dan kelas III/C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes tulis pre-test dan post-test mengenai materi penjumlahan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas III SDN 1 Cakranegara. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran tanpa menggunakan media kantong bilangan. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen setelah perlakuan sebesar 82,61 dan kelas kontrol sebesar 70,00. Berdasarkan analisis dengan uji N-Gain hasil kelas kontrol adalah sebesar 0,3038 yang termasuk dalam kategori sedang dan kelas eksperimen adalah sebesar 0,7257 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas III SDN 1 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media kantong bilangan, hasil belajar, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 00:37
Last Modified: 31 Jul 2023 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41843

Actions (login required)

View Item View Item