BHIEMO REVAL, YULISTYAWAN (2023) PELAKSANAAN PUNGUTAN RETRIBUSI WISATA ALAM 3 (TIGA) PULAU GILI (TRAWANGAN, MENO, AIR) KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA. Diploma thesis, Universitas Mataram.
|
Text
PELAKSANAAN PUNGUTAN RETRIBUSI WISATA ALAM 3 fixx (Repaired) (3).pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Image
CamScanner 25-07-2023 16.27_1.jpg Download (324kB) | Preview |
|
|
Image
20230726_173451_0001.png Download (752kB) | Preview |
Abstract
Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara adalah sebuah instansi pemerintah daerah yang bertanggung jawab dalam mengembangkan sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Lombok Utara, provinsi NTB, Indonesia. Berlakunya pemungutan retribusi tempat wisata tiga pulau gili (gili trawangan, gili air, dan gili meno) telah diatur berdasarkan Perbup Lombok Utara NO.64 tahun 2021 tentang perubahan tarif Perda Kab.Lombok Utara NO.5 tahun 2010, tentang setiap wisatawan di kawasan gili tramena (gili trawangan, gili meno, dan gili air) dikenakan retribusi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Dinas Pariwisata Lombok Utara menjalankan prosedur pelaksanaan retribusi di gili tramena (gili trawangan, gili meno dan gili air) serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala pelaksanaan retribusi di pulau tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Analisis data dengan menggunakan metode komparatif. Hal-hal yang belum sesuai dengan standar operasional prosedur pemungutan retribusi diantaranya adalah kehadiran petugas pemungutan retribusi belum semua dapat hadir tepat waktu, belum semua wisatawan yang masuk pos retribusi dapat dipungut retribusi, dan petugas belum mencatat jumlah dan nomor seri karcis retribusi obyek wisata. Dapat diketahui bahwa dari 12 tahapan (bagian) proses pemungutan baru 9 tahapan (bagian) yang sudah dilaksanakan sesuai dengan standar, selebihnya belum sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran – saran sebagai berikut: (1)Petugas retribusi diharapakan disiplin mengikuti standar operasional prosedur (2)Menyediakan absen sidik jari, (3)Menyelenggarakan sosialisasi pelatihan dan bimbingan teknis tentang sop pemungutan retribusi, (4)Menyediakan petugas khusus pemberi informasi mengenai petugas retribusi dan wisata di lokasi tempat pemungutan retribusi, (5)Meningkatkan kualitas layanan teknologi dan penggunaan mesin EDC atau perangkat pembayaran elektronik lainnya di tempat pungutan retribusi untuk memudahkan wisatawan dalam pembayaran retribusi wisata secara mudah dan nyaman, serta (6)Mengembangkan Infrastruktur dan Fasilitas yang belum ada di tiga Gili (Trawangan, Meno dan air).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pelaksanaan Kinerja, Pemungutan Retribusi, SOP |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 03:58 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 03:58 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41868 |
Actions (login required)
View Item |