PENGARUH VARIASI WAKTU KARBONISASI TERHADAP REAKTIVASI ARANG SEKAM PADI SEBAGAI ADSORBEN EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR GANDA

DAKA KHALIFA, HUDDIN (2023) PENGARUH VARIASI WAKTU KARBONISASI TERHADAP REAKTIVASI ARANG SEKAM PADI SEBAGAI ADSORBEN EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN BAKAR GANDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR DAKA KHALIFAHUDDIN-F1C017020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
PAPER_TA_F1C017020_DAKA KHALIFAHUDDIN.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Pencemaran udara adalah salah satu permasalahan yang umum dihadapi di wilayah perkotaan. Salah satu penyebab pencemaran udara tersebut adalah kendaraan bermotor. Penggunaan kendaraan bermotor menyebabkan terjadinya polusi udara yang disebabkan oleh pembakaran bahan bakar dalam mesin. Gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran pada sepeda motor terdiri dari berbagai macam gas, ada yang beracun dan ada juga yang tidak beracun. Gas yang beracun seperti CO, HC (hidrokarbon) dan NOx. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi emisi gas CO, CO2, dan HC pada kendaraan bermotor dengan memanfaatkan adsorben dari arang sekam padi yang sudah di aktifasi untuk dimanfaatkan kembali dengan cara reaktifasi, dan campuran pertalite dengan gas LPG sebagai bahan bakar. Penelitian ini menggunakan adsorben arang aktif yang sudah direaktifasi dengan variasi waktu karbonisasi 4 jam, 8 jam, dan 16 jam. Proses pengujian dilakukan dengan cara adsorben dimasukkan ke dalam saluran gas buang kendaraan roda dua dengan kondisi menggunakan bahan bakar ganda, lalu adsorben akan melewati oleh emisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan adsorben merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap turunnya emisi yang dihasilkan. Variasi waktu karbonisasi terbaik adalah adsorben dengan variasi waktu 16 jam pada bahan bakar ganda pertalite dan LPG dengan kandungan CO, CO2 dan HC berturut-turut dengan nilai ratarata 0,03%; 1% dan 285 ppm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): reaktifasi, sekam padi, pertalite, LPG, emisi gas buang.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:52
Last Modified: 02 Aug 2023 05:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41904

Actions (login required)

View Item View Item