PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR TIGA DIMENSI BERBAHAN DASAR KERTAS UNTUK PEMAHAMAN DIRI SISWA TENTANG MITIGASI BENCANA DI KELAS 6 SEKOLAH DASAR

NINA, YULINDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR TIGA DIMENSI BERBAHAN DASAR KERTAS UNTUK PEMAHAMAN DIRI SISWA TENTANG MITIGASI BENCANA DI KELAS 6 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NINA YULINDA Alhamdulillah Juni 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
JCAR Artikel Nina Yulinda.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pembukuan Artikel Nina Yulinda.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media miniatur tiga dimensi berbahan dasar kertas untuk pemahaman diri siswa tentang mitigasi bencana di kelas 6 SDN 3 Mataram yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze/Analisis, Design/Desain, Development/ Pengembangan, Implementation/Implementasi, dan Evaluation/Evaluasi). Tempat dilakukan penelitian yaitu di SDN 3 Mataram. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI A SDN 3 Mataram sebanyak 24 orang. Sedangkan, objek penelitian ini adalah media bimbingan miniatur tiga dimensi untuk materi mitigasi bencana. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli media dan materi, angket respon guru dan siswa, serta tes pemahaman diri siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan skor penilaian yaitu 1 sampai 5 meliputi analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media miniatur tiga dimensi berbahan dasar kertas untuk pemahaman diri siswa tentang mitigasi bencana mendapatkan presentase 89% dengan kriteria valid dari ahli media, presentase 91,76% dengan kriteria sangat valid dari ahli materi, presentase 91,67% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru, presentase 89,58% dengan kriteria sangat praktis dari respon siswa tahap 1, presentase 89,38% dengan kriteria praktis dari respon siswa tahap 2, presentase 88,61% dengan kriteria praktis dari respon siswa tahap 3, dan presentase 95,83% dengan kriteria sangat efektif dari hasil tes pemahaman diri siswa yang dihitung dengan ketuntasan belajar klasikal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa media miniatur tiga dimensi berbahan dasar kertas untuk pemahaman diri siswa tentang mitigasi bencana sudah layak dari aspek valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media bimbingan di kelas 6 SDN 3 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media miniatur tiga dimensi, pemahaman diri, mitigasi bencana.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:53
Last Modified: 02 Aug 2023 05:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41905

Actions (login required)

View Item View Item