PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achievement Divisions) DAN JIGSAW PADA SISWA SMAN 5 MATARAM

DIAN, SETIAWATI (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achievement Divisions) DAN JIGSAW PADA SISWA SMAN 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi DIAN SETIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel DIAN SETIAWATI.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa pada umumnya masih tergolong rendah, hal ini dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran oleh guru yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Jigsaw. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah pre-ekperimental, pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah instrumen tes. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu tehnik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Tehnik pengolahan data pada penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis uji statistik yaitu rumus uji-t. Berdasarkan hasil tes penguasaan materi yang dilakukan oleh peserta didik dikelas eksperimen 1 nilai rata-rata pada data pre-tes adalah 63,9 dan pada data post-tes sebesar 74,9. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata data pre-tes sebesar 63,5 dan pada data post-tes sebesar 67,4. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan uji t diperoleh Thitung > Ttabel (4.204 > 2.002), dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student archievement division) dan Jigsaw di SMAN 5 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Kooperatif, STAD, Jigsaw, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:52
Last Modified: 02 Aug 2023 05:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41906

Actions (login required)

View Item View Item