ANALISIS METODE MENGAJAR GURU DI KELAS IV DAN V SDN DASAN TERES

DITA TRIANA, DEWI (2023) ANALISIS METODE MENGAJAR GURU DI KELAS IV DAN V SDN DASAN TERES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_DITA TRIANA DEWI_E1E019094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode mengajar yang digunakan oleh guru kelas IV dan V SDN Dasan Teres dan pertimbangan dalam memilih metode mengajar serta tantangan dalam memilih, merancang, dan menerapkan metode mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini guru kelas IV dan V di SDN Dasan Teres, dan objek pada penelitian ini adalah metode mengajar yang digunakan guru kelas IV dan V SDN Dasan Teres. Informan pada penelitian ini yakni guru dan peserta didik kelas IV dan V SDN Dasan Teres. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tematik analisis yang terdiri dari memahami data, membuat kode awal, mencari tema, mereview tema, mendefinisikan dan memberi nama tema, dan yang terakhir membuat kesimpulan atau laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV dan V menggunakan 6 metode mengajar yakni, metode ceramah, diskusi, bermain peran, tanya jawab, penugasan, dan pemecahan masalah. Adapun pertimbangan guru dalam memilih metode mengajar yakni ketersesuaian metode dengan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, kondisi atau kemampuan peserta didik, alokasi waktunya, dan situasi pembelajaran yang ingin diciptakan. Tantangan guru dalam memilih, merancang, dan menerapkan metode mengajar yakni dalam memilih dan merancang pada saat menyesuaikan materi dan mempertimbangkan dengan kondis peserta didik, merencanakan alokasi waktu sesuai penerapannya dan dari segi fasilitas yang tersedia. Sedangkan dalam menerapkan yakni dari segi kondisi atau keadaan peserta didik pada proses pembelajaran. .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Mengajar, Guru Kelas IV dan V, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:52
Last Modified: 02 Aug 2023 05:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41908

Actions (login required)

View Item View Item