KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER SISWA SMPN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

Yeyen, Ermayani (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER SISWA SMPN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Yeyen Ermayani fix lagi...... (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Yeyen Ermayani Jipp.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematika pada materi geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP Negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menghasilkan data berupa katakata tertulis atau lisan dari subjek yang diamati. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-I di SMP Negeri 1 Mataram yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif sedangkan untuk metode pengumpulan data nilai ulangan harian siswa, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, dipilih 6 siswa di antaranya 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan untuk dilakukan wawancara berdasarkan kategori kemampuan berpikir kreatifnya. Hasil penelitian menunjukkan pada umumnya siswa perempuan lebih unggul dalam kemampuan berpikir kreatif dibandingkan siswa laki-laki, terlihat pada kemampuan berpikir secara orisinil/asli (originality) siswa laki-laki tidak cukup kreatif dari pada perempuan dengan kategori cukup kreatif. Hal tersebut menunjukkan siswa belum mampu memikirkan penyelesaian yang berbeda dari yang telah dipelajari sebelumnya, serta belum mampu menemukan jawaban yang lazim. Akan tetapi siswa pada umumnya mampu menunjukkan kemampuan berpikir kreatif secara lancar (fluency) dan luwes (flexibility) dalam mengemukakan ide-ide yang mereka temukan dari masalah yang sudah ada sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir Kreatif, Matematika, dan Perbedaan Gender
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:21
Last Modified: 02 Aug 2023 08:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41951

Actions (login required)

View Item View Item