RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAYA LISTRIK PADA RUMAH TANGGA BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN WEBSITE THINGER IO

ADE PUTRA, CAHYADI (2023) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAYA LISTRIK PADA RUMAH TANGGA BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN WEBSITE THINGER IO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR _ADE PUTRA CAHYADI_F1B117002 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_TA_ADE.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan kebutuhan pemakaian listrik masyarakat Indonesia yang modern telah mempengaruhi tingkat konsumsi listrik yang terus meningkat. Pemakaian listrik rumah tangga yang boros bahkan tidak terkendali disebabkan oleh kurangnya pemantauan terhadap jumlah daya yang digunakan. Pada penelitian ini dirancang sebuah alat monitoring untuk memantau konsumsi daya pada rumah tangga. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsumsi daya listrik pada peralatan rumah tangga sehingga lebih mudah dalam melakukan penghematan energi listrik. Sistem monitoring ini menggunakan PZEM-004T sebagai sensornya. Data tegangan, arus, daya, dan energi akan di baca sensor kemudian dikirimkan oleh NodeMCU ESP8266 ke Website Thinger io. Sistem ini juga terdapat pesan notifikasi apabila pemakaian arus dan daya listrik telah lebih dari yang diinginkan.Implementasi internet of things (IoT) menggunakan platform Thinger io. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat yang dibangun telah berhasil untuk memantau konsumsi daya dari masing-masing peralatan rumah tangga berbasis IoT. Pengujian dilakukan dengan membandingkan hasil nilai tegangan, arus, daya, dan energi dari sensor dengan alat pengukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sensor memiliki error sebesar 0,72% saat pengukuran tegangan, 6,83% saat pengukuran arus. Berdasarkan nilai error tersebut, maka sistem monitoring konsumsi daya listrik tersebut sudah cukup baik untuk di implementasikan pada rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Monitoring Daya Listrik, PZEM-004T, Internet of Things (IoT), Platform Thinger.io
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Aug 2023 23:37
Last Modified: 02 Aug 2023 23:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41963

Actions (login required)

View Item View Item