KONTRIBUSI RETRIBUSI OBJEK WISATA 3 GILI (GILI AIR, GILI MENO, GILI TRAWANGAN) TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN LOMBOK UTARA

FADIL, BIMANTORO (2023) KONTRIBUSI RETRIBUSI OBJEK WISATA 3 GILI (GILI AIR, GILI MENO, GILI TRAWANGAN) TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN LOMBOK UTARA. Diploma thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KONTRIBUSI RETRIBUSI OBJEK WISATA 3 GILI fadil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi retribusi objek wisata terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Lombok Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan penyajian data didominasi dalam bentuk angka dan analisis dan bersifat statistik. Data yang diolah adalah yang diperoleh dari Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Utara dan Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lombok Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kepustakaan berupa buku, artikel dan lainya yang berhubungan dengan penelitian. Sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menghitung retribusi objek wisata (x) dibagi pendapatan asli daerah (y) kemudian dikali 100% pada tahun 2022=0,57% dan pada tahun 2023=0,53%. Berdasarkan hasil analisis dan pengumpulan data retribusi objek wisata dan pendapatan asli daerah dapat disimpulkan bahwa kontribusi retribusi objek wisata terhadap pendapatan asli darah berpengaruh postif dan mengembangkan kemandirian daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Aug 2023 00:09
Last Modified: 03 Aug 2023 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41974

Actions (login required)

View Item View Item