PELAKSANAAN PROGRAM SEMUA ANAK CERDAS (SAC) MELALUI LITERASI DAN NUMERASI DI SD NEGERI 2 DAREK KECAMATAN PRAYA BARAT DAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

NURUL, AHYANA (2023) PELAKSANAAN PROGRAM SEMUA ANAK CERDAS (SAC) MELALUI LITERASI DAN NUMERASI DI SD NEGERI 2 DAREK KECAMATAN PRAYA BARAT DAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS NURUL AHYANA (I2K020034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2538-4960-1-SM.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Program semua Anak Cerdas di Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data diambil menggunakan teknik observasi , wawancara, dan dokumentasi. sedangkan analisis data menggunakan langkah-tangkah pengumpulan data pengumpulan Data, reduksi data, penyajian data, dan Kesimpulan (Miles Hubarman 2000). Untuk menguji Keabsahan data dilakukan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan kompirmabilitas. Hasil dan temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa Manajemen Program SAC diGugus 02 Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah merujuk pada fungsimanajemen, yaitu perencanaa, pelaksanaan, dan evaluasi. (1) perencanaan dilakukan dengan Optimal, yakni dengan Mengadakan rapat persiapan dalam rangka membentuk Tim kepanitiaan Program SAC, Mengoptimalkan peran Bapak Pengawas Pembina dalam proses perencanaan Program SAC; Mengoptimalkan peran Ketua KKG sebagai Koordinator Tim Program SAC; Semua prosesperencanaan Program SAC dilakukan dengan rembuk bersama sebagai kunci tercapainya tujuan Program. (2) Pelaksanaan Program dilakukan dengan optimal, yakni dengan melibatkan semua unsur Guru Kelas, karena hanya guru kelas yang mengetahui tahapan-tahapan yang dilakukan dalam proses pelaksanaan pembelajaran, baik itu literasi maupun numerasi; Menunjuk salah satu guru sebagai ketua Tim literasi numerasi pada tiap-tiap sekolah untuk membantu kepala sekolah, dalam menyiapkan kebutuhan pelaksanaan pembelajaran program SAC (3) EvaluasiProgram dilakukan secara maksimal dan berkala sesuai dengan prosedur yang rutindan wajib dilakukan pada setiap satuan pendidikan, dilakukan dalam dua minggu sekali, baik untuk literasi maupun numerasi, evaluasi ini dilakukan oleh pengawas pembina, kepala sekolah, dan Guru Kelas pada setiap satuan pendidikan; Evaluasi Program SAC dilakukan dalam rangka melihat sejauh mana keberhasilan, ataupun kendala yang dihadapi para guru dalam implementasi Program, hasil yang didapatkan sangat baik dan sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dasar peserta didik jenjang SD/MI di Kabupaten Lombok Tengah.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Pelaksanaan, Literasi, dan Numerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:37
Last Modified: 03 Aug 2023 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41982

Actions (login required)

View Item View Item