PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID 19

Suha, dah (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID 19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUHADAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img]
Preview
Text
jurnal suhadah.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak selama pembelajaran daring pada masa covid 19 di SDN 14 Cakranegara secara umum sudah dijalankan dengan baik. Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak, meliputi : orang tua sebagai fasilitator, orang tua sebagai guru di rumah, orang tua sebagai pengarah atau director, dan orang tua sebagai motivator. Orang tua berperan sebagai fasilitator, misalnya dengan menyediakan alat tulis dan buku-buku penunjang, serta menmyediakan smarthphone dan kouta internet. Para orang tua di kelas VI SDN 14 Cakranegara sudah menjalankan peranya sebagai fasilitator dengan baik. Adapun orang tua sebagai guru dirumah, misalnya dengan mendampingi anak ketika belajar, mengontrol waktu belajar anak, mengingatkan untuk belajar dan menciptakan suasana belajar yang nyaman. Para orang tua sudah menjalankan peranya guru di rumah dengan cukup baik. Meskipun ada beberapa orang tua yang tidak ikut serta mendampingi anaknya ketika belajar. Selanjutnya orang tua sebagai motivator, misalnya memberikan semangat dan dukungan kepada anak, memberikan penghargaan terhadap anak, serta memberikan reward and punishment. Para orang tuapun sudah menjalankan peranya sebagai motivator yang baik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran, Daring, Orang Tua.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:37
Last Modified: 03 Aug 2023 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/41983

Actions (login required)

View Item View Item