PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 AIKMEL

FADILLA, ADELLINA (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 AIKMEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Fadilla Adellina_E1B019051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL FADILLA ADELLINA.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa bergantung pada bagaimana guru dalam kelas ketika menyampaikan materi kepada siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah ada atau tidak pengaruh penggunaan Number Head Together berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif berdasarkan Nonequivalent Control Group Design. Purposive Sampling dilakukan untuk mengambil sampel menggunakan dua kelas serta pengumpulan data dengan observasi dan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data, nilai rerata kelas eksperimen pada pretest dan posttest diperoleh 55,6 dan 79,6. Sedangkan di kelas kontrol diperoleh rerata 51,9 dan 69,8. Perhitungan uji t digunakan rumus Paired Sample t-test pada taraf signifikan 5%, pretest dan posttest kelas eksperimen di dapatkan nilai thitung (14,486) > ttabel (2,056) sedangkan kelas kontrol di dapatkan nilai thitung (11,027) > ttabel (2,056), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya, ada pengaruh penerapan model pembelajaran Number Head Together berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 1 Aikmel, dibandingkan dengan penggunaan model konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Media Video, Number Head Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Aug 2023 23:48
Last Modified: 07 Aug 2023 23:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42029

Actions (login required)

View Item View Item