IMPELEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI

KHAERUL, IDHAM (2023) IMPELEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Khaerul idham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi Khaerul idham.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) proses impelementasi model pembelajaran Two stay two stray pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Labuhan Haji, (2) kendala guru sosiologi dalam impelementasi model pembelajaran Two stay two stray pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Labuhan Haji, dan (3) upaya yang dilakukan guru sosiologi dalam mengatasi kendala impelementasi model pembelajaran Two stay two stray pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Labuhan Haji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek dan informan penelitian yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisi data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles dan Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) proses impelementasi model pembelajaran Two stay two stray pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Labuhan haji adalah meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dengan mengikuti tahapan sintaks model pembelajaran Two stay two stray yang dipadukan dengan bahasa daerah (bahasa sasak) dan kegiatan penutup, (2) kendala yang dialami oleh guru sosiologi dalam impelementasi model pembelajaran Two stay two stray pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Labuhan haji diantaranya guru kesulitan dalam mengembangkan RPP, guru kesulitan dalam membuat siswa lebih fokus, guru kesulitan saat membuat instrumen penilaian (3) terdapat berbagai upaya yang dilakukan guru sosiologi untuk mengatasi kendala impelementasi model pembelajaran Two stay two stray pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Labuhan haji diantaranya memperbanyak referensi dari internet maupun dari guru guru lain yang sudah mendapatkan pengalaman serta pengetahuan dalam hal penerapan model pembelajaran two stay two stray,melakukan ice breaking ketika suasana kelas mulai kurang kondusif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Impelementasi,pembelajaran, Two stay two stray,sosiologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Aug 2023 05:15
Last Modified: 09 Aug 2023 05:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42066

Actions (login required)

View Item View Item