Umu Rizka, Khairunnisa (2023) PENGARUH METODE BERDONGENG MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI Umu Rizka Khairunnisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
Jurnal Umu Rizka Khairunnisa.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode berdongeng menggunakan media wayang terhadap keterampilan menyimak siswa kelas II SDN 32 Cakranegaratahun ajaran 2022/2023. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 32 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dan diperoleh 30 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dan isian hasil keterampilan menyimak (pretest-posttest). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,316 > 2,469. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi ada pengaruh metode berdongeng menggunakan media wayang terhadap keterampilan menyimak siswa. Penggunaan metode berdongeng menggunakan media wayang dapat mempengaruhi keterampilan menyimak siswa, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan metode berdongeng menggunakan media wayang dalam pembelajaran menyimak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | metode berdongeng,media wayang, keterampilan menyimak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:22 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42075 |
Actions (login required)
View Item |