PENGARUH METODE BERDONGENG MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Umu Rizka, Khairunnisa (2023) PENGARUH METODE BERDONGENG MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Umu Rizka Khairunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Umu Rizka Khairunnisa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode berdongeng menggunakan media wayang terhadap keterampilan menyimak siswa kelas II SDN 32 Cakranegaratahun ajaran 2022/2023. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 32 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dan diperoleh 30 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dan isian hasil keterampilan menyimak (pretest-posttest). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,316 > 2,469. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi ada pengaruh metode berdongeng menggunakan media wayang terhadap keterampilan menyimak siswa. Penggunaan metode berdongeng menggunakan media wayang dapat mempengaruhi keterampilan menyimak siswa, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan metode berdongeng menggunakan media wayang dalam pembelajaran menyimak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode berdongeng,media wayang, keterampilan menyimak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:22
Last Modified: 09 Aug 2023 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42075

Actions (login required)

View Item View Item