PENGARUH PENGGUNAAN BUKU SISWA ELEKTRONIK KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII SMPN 2 KURIPAN

FENI, FATRIANI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN BUKU SISWA ELEKTRONIK KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII SMPN 2 KURIPAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FENI--1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
8699-Article Text-35597-1-10-20230621 (1).pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku siswa elektronik kurikulum merdeka terhadap hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis nonequivalent control. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII D dan VII E dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Uji persyaratan analisis yang digunakan untuk uji normalitas yaitu uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji varians. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t (t-test) paired samples test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung pada pasangan pretest dan posttest kelas eksperimen 20,231 > t tabel 2,04 dan t hitung pada pasangan pretest dan posttest kelas kontrol 5,912 > t tabel 2,04, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan diatas dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. nilai rata-rata pretest kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol 65,63 < 69,23. Adapun setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, dimana kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan proses pembelajaran menggunakan media buku siswa elektronik kurikulum merdeka dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 86,94 > 76,45. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis posttest terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05) diperoleh (sig.2-tailed) yaitu 0,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku siswa elektronik kurikulum merdeka berpengaruh baik terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuripan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Buku Siswa Elektronik, Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:22
Last Modified: 09 Aug 2023 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42076

Actions (login required)

View Item View Item