KEMAMPUAN MENGAPRESIASI UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEARNING COMMUNITY SISWA KELAS IX.1 SMP NEGERI 1 NARMADA

NURHA, DIJAH (2023) KEMAMPUAN MENGAPRESIASI UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEARNING COMMUNITY SISWA KELAS IX.1 SMP NEGERI 1 NARMADA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_NURHADIJAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal(1).pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengapresiasi unsur-unsur intrinsik cerita pendek siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Narmada dengan menggunakan metode learning community. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pendidikan yang dilakukan dalam dua kali pertemuan yaitu, pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Narmada. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dan teknik observasi. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama nilai rata-rata siswa 72 dan presentase kemampuan siswa sebesar 61%. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada pertemuan kedua adalah 82 dengan persentase kemampuan sebesar 96,7%. Hal ini berarti kemampuan isiswa dalam apresiasi cerpen dapat dikatakan mampu baik dilihat dari nilai rata-rata maupun persentase kemampuan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua. Sementara itu, proses pembelajaran mengapresiasi unsur-unsur intrinsik cerita pendek yang terjadi di dalam kelas sangat kondusif. Motivasi dan minat siswa dalam belajar mengapresiasi unsurunsur intrinsik cerita pendek sangat tinggi. Penggunaan metode Learning Community dalam proses pembelajaran lebih hidup dan berlangsung secara lebih bermakna (meaningfull) karena semua siswa rata-rata aktif mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan mengapresiasi unsur intrinsik, metode learning community
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:22
Last Modified: 09 Aug 2023 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42079

Actions (login required)

View Item View Item