M. ADI, KUSMAYADI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SDN PIDADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI M. ADI KUSMAYADI E1E017076.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
JURNAL M. ADI KUSMAYADI E1E017076.pdf Download (625kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V SDN Pidada tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen desain eksperimen yang digunakan adalah quasi exsperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil analisis data keterampilan berbicara peserta didik pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran STAD mengalami perubahan, keterampilan berbicara yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata pre-test sebesar 57.552 dan nilai rata-rata post-test sebesar 76.041, sedangkan nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol sebesar 50.520 dan nilai rata-rata post-test sebesar 57.291. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Keterampilan berbicara. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 00:00 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 00:00 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42083 |
Actions (login required)
View Item |