PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SDN PIDADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

M. ADI, KUSMAYADI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SDN PIDADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M. ADI KUSMAYADI E1E017076.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL M. ADI KUSMAYADI E1E017076.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V SDN Pidada tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen desain eksperimen yang digunakan adalah quasi exsperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil analisis data keterampilan berbicara peserta didik pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran STAD mengalami perubahan, keterampilan berbicara yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata pre-test sebesar 57.552 dan nilai rata-rata post-test sebesar 76.041, sedangkan nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol sebesar 50.520 dan nilai rata-rata post-test sebesar 57.291. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Keterampilan berbicara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Aug 2023 00:00
Last Modified: 10 Aug 2023 00:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42083

Actions (login required)

View Item View Item