ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI IPS SMAN 1 GUNUNGSARI

Baiq Mustika, Cahayaningsih (2023) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI IPS SMAN 1 GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ MUSTIKA CAHAYANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL BAIQ MUSTIKA CAHAYANINGSIH.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMAN 1 Gunungsari. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gunungsari yang berada di kecamatan Gunungsari kabupaten Lombok Barat pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode verifkasi dan penelitian kuantitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas XI IPS dan siswa kelas XI IPS SMAN 1 Gunungsari. Metode pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan langsung bersumber dari guru bahasa Indonesia kelas XI IPS. Data observasi diperoleh menggunakan lembar observasi dengan menggunakan skala likert pada aktivitas guru dan menggunakan skala Guttman pada lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru mendapatkan skor 96,1% dengan mendapatkan kategori sangat sesuai dan hasil observasi siswa mendapatkan skor 22,85 dengan kategori sangat baik. Dokumentasi diperoleh dengan mengumpulkan dokemen-dokumen pendukung dalam penelitian. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI IPS SMAN 1 Gunungsari terlaksana dengan baik dan sesuai dengan standar langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): aktivitas guru, aktivitas siswa, Bahasa Indonesia, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Aug 2023 10:03
Last Modified: 10 Aug 2023 10:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42098

Actions (login required)

View Item View Item