PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 PRINGGASELA

SOFANA, WILIANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 PRINGGASELA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi sw fix terbarusofana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL SOFANA WILIANI.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kimia materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pringgasela dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi (semu) digunakan dalam bentuk rancangan Non equivalent Control Group Design Pretest Posttest dan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 108 siswa dalam 3 kelas, populasi yang digunakan sebagai sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar dikumpulkan dengan teknik tes berupa pretest dan posttest. Pada analisis data dengan statistic uji t diperoleh t hitung 18,903 yang lebih besar daripada t tabel 1,66 pada taraf signifikan 5% dan pada uji N gain diperoleh N gain kelas eksperimen 0,53 yang lebih besar daripada kelas kontrol 0,36. Hal ini menunjukkan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kimia materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pringgasela.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Aug 2023 10:03
Last Modified: 10 Aug 2023 10:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42099

Actions (login required)

View Item View Item