ANALISIS TINGKAT LITERASI KIMIA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 MATARAM

VIVIN APRILIANTI, MUTMAINAH (2023) ANALISIS TINGKAT LITERASI KIMIA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI VIVIN APRILIANTI MUTMAINAH_E1M018082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL VIVIN APRILIANTI MUTMAINAH_E1M018082.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif bertujuan untuk menghasilkan instrumen penelitian (soal-soal) tentang literasi kimia yang valid dan reliabel, mendeskripsikan tentang kemampuan literasi kimia siswa kelas XI SMAN 1 Mataram dan kebiasaan membaca terkait pembelajaran yang menerapkan literasi kimia dan penyelesaian soal evaluasi yang memuat aspek-aspek literasi kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Mataram sebanyak 281 siswa. Jumlah sampel yang ditetapkan dengan rumus Slovin sebanyak 166 siswa dari 8 kelas dengan rincian antara 20 sampai 21 tiap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan tes yang mencakup materi hidrokarbon, minyak bumi, kesetimbangan kimia, dan laju reaksi yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil kemampuan literasi kimia siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Mataram sebesar 64,81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan literasi kimia siswa tergolong sedang. Dari hasil pendalaman dengan metode wawancara terhadap siswa didapatkan beberapa faktor yang menyebabkan kemampuan literasi kimia siswa tergolong sedang, antara lain: 1) kurangnya kebiasaan membaca siswa, 2) kegiatan pembelajara yang kurang menghubungkan dan mengaplikasikan dengan kehidupan sehari-hari, dan 3) soal evaluasi yang diberikan kepada siswa belum memuat aspek-aspek yang mengasah kemampuan literasi kimia siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): literasi kimia, hidrokarbon, minyak bumi, kesetimbangan kimia, dan laju reaksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Aug 2023 00:33
Last Modified: 14 Aug 2023 00:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42108

Actions (login required)

View Item View Item