HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS 3 KECAMATAN LANGGUDU

ENDANG, KURNIAWATI (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS 3 KECAMATAN LANGGUDU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ENDANG KURNIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ENDANG KURNIAWATI.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dirancang dengan penelitian deskripsi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus 3 kecamatan langgudu sebanyak 53 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berbentuk checklist menggunakan skala likert. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa Uji korelasi sederhana didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.720. Nilai yang diperoleh ini lebih besar dari nilai signifikansi 0.05. Kesimpulan tidak ada hubungan yang signikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:24
Last Modified: 14 Aug 2023 03:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42119

Actions (login required)

View Item View Item