ENDANG, KURNIAWATI (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS 3 KECAMATAN LANGGUDU. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI ENDANG KURNIAWATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
JURNAL ENDANG KURNIAWATI.pdf Download (370kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dirancang dengan penelitian deskripsi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus 3 kecamatan langgudu sebanyak 53 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berbentuk checklist menggunakan skala likert. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa Uji korelasi sederhana didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.720. Nilai yang diperoleh ini lebih besar dari nilai signifikansi 0.05. Kesimpulan tidak ada hubungan yang signikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 03:24 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 03:24 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42119 |
Actions (login required)
View Item |