ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2022/2023

M. Syarif, Hikmatulloh (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SYARIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
4748-Article Text-23295-1-10-20230807.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Batulayar yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan pedoman wawancara. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan pertimbangan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik seimbang dikelas VIII A. Masing-masing gaya belajar diambil 2 orang siswa untuk diwawancarai agar memperdalam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis 56.25 dengan kategori kreatif, dengan memenuhi indikator kefasihan dan fleksibel, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya belajar auditorial memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis 53.40 dengan kategori cukup kreatif, dengan indikator kefasihan belum tercapai secara keseluruhan dan memenuhi indikator fleksibel, dan (3) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik memperoleh ratarata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis 17.50 dengan kategori kurang kreatif, secara keseluruhan mencapai indikator kefasihan sedangkan untuk indikator fleksibel dan kebaruan belum tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan berpikir kreatif, gaya belajar, kefasihan, fleksibel, kebaruan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:42
Last Modified: 16 Aug 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42141

Actions (login required)

View Item View Item