PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI

ELSI, LESTARI (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELSI LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ELSI LESTARI.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe group investigation yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas XI. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan peserta didik (LKPD), bahan ajar dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian yaitu research and development dengan desain penelitian yang digunakan adalah model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari hasil validitas dan reliabilitas perangkat pembelajaran. Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil respon guru dan peserta didik terkait keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil uji coba terbatas pada 1 kelas MIPA SMAN 1 Sukamulia. Hasil kelayakan menunjukkan keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam dengan kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 86.12% dan reliabel dengan nilai reliabilitas sebesar 94.22%. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan lembar angket respon keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat praktis. Kemudian, hasil keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan rata-rata skor N-gain yaitu 71,50% dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model kooperatif tipe group investigation yang dikembangkan layak, dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran serta cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas XI.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan perangkat pembelajaran, model kooperatif tipe group investigation, kemampuan berpikir kritis, fluida dinamis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:42
Last Modified: 16 Aug 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42145

Actions (login required)

View Item View Item