PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GUIDE NOTE TAKING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN MATERI PPKN KELAS III GUGUS IV PRAYA LOMBOK TENGAH

Jumita Putri Maeyadi, Utari (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GUIDE NOTE TAKING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN MATERI PPKN KELAS III GUGUS IV PRAYA LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JUMITA PUTRI MAEYADI UTARI- E1E216091.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran Guide Note Taking terhadap pemahaman konsep siswa pada muatan materi ppkn kelas III Gugus IV Praya Lombok Tengah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Gugus IV Praya Lombok Tengah, sedangkan sampelnya adalah kelas III SDN 2 Wakul sebagai kelas eksperimen dan kelas III SDN Gerintuk sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Pemahaman konsep siswa berupa pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov-sminorv, kemudian di uji homogenitas dengan levene’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian dianalisis menggunakan uji sample independen. Diperoleh taraf signifikan 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Guide Note Taking terhadap pemahaman konsep siswa. Selanjutnya di uji effect size dengan perolehan nilai sebesar 1,25 dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Guide Note Taking, Pemahaman Konsep Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 00:51
Last Modified: 21 Aug 2023 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42163

Actions (login required)

View Item View Item