PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 19 CAKRANEGARA KOTA MATARAM

PUTRI, FATIMAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 19 CAKRANEGARA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI FATIMAH E1E019257.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
PEMBUKUAN ARTIKEL PUTRI FATIMAH E1E019257.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran project based learning merupakan model pembelajaran yang tahapan pembelajarannya siswa mengerjakan proyek. Siswa akan melaksanakan eksplorasi, merencanakan, menyusun agenda, mengumpulkan informasi, serta evaluasi agar memperoleh berbagai macam hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 19 Cakranegara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel penelitian ini satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan uji hipotesis menggunakan uji Independent sample T Test. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 94,32% dan kategori sangat baik. Hasil perhitungan uji hipotesis memperoleh nilai t hitung sebesar 2,353 dan t tabel dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,671. Melalui nilai tersebut diketahui bahwa t hitung t tabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari analisis tersebut bahwa penggunaan model pembelajaran model project based learning berdampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 19 Cakranegara Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Project Based Learning, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 23:55
Last Modified: 21 Aug 2023 23:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42202

Actions (login required)

View Item View Item