PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DOMPU PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL KELAS IV SDN 18 WOJA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SITI HALIDAH, AULYAH (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DOMPU PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL KELAS IV SDN 18 WOJA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI HALIDAH AULYAH (E1E216177).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dompu pada mata pelajaran IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya di kelas IV SDN 18 WOJA. (2) Mengetahui kelayakan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dompu pada mata pelaran IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya di kelas IV SDN 18 WOJA. Metode penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 18 WOJA. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu 18 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Dompu layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi oleh validator ahli desain diperoleh persentase 84% dengan kategori sangat layak, kemudian hasil validasi oleh validator ahli materi diperoleh persentase 96% dengan kategori sangat layak, sedangkan dari respon siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal Dompu diperoleh persentase 81% dengan kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal Dompu dianggap sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bahan Ajar, Kearifan Lokal Dompu, Kelas IV SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 23:55
Last Modified: 21 Aug 2023 23:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42207

Actions (login required)

View Item View Item