ANALISIS KESALAHAN MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA SMKN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

LALU MUHAMMAD SATRIA, WIJAYA (2023) ANALISIS KESALAHAN MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA SMKN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Lalu Muhammad Satria Wijaya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Lalu Muhammad Satria Wijaya.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa menurut Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi statistika ditinjau dari jenis kelamin pada siswa SMKN 2 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X RPL SMKN 2 Mataram. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) hanya siswa laki-laki yang melakukan kesalahan membaca, siswa tidak membacakan soal secara lengkap. (2) Siswa laki-laki dan siswa perempuan melakukan kesalahan memahami dengan tingkat kesalahan yang sama, siswa tidak lengkap menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, siswa kurang teliti dalam memperoleh informasi penting pada soal. (3) Siswa perempuan melakukan kesalahan tranformasi dengan persentase lebih tinggi daripada siswa laki-laki, siswa cenderung tidak lengkap dalam menuliskan rumus. (4) Siswa perempuan melakukan kesalahan keterampilan proses dengan persentase lebih tinggi, dikarenakan siswa tidak menuliskan proses perhitungan. (5) Siswa perempuan melakukan kesalahan penulisan kesimpulan dengan persentase lebih tinggi, siswa perempuan cenderung tidak menuliskan kesimpulan dari hasil perhitungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : teori newman, jenis kelamin, soal cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Aug 2023 23:44
Last Modified: 22 Aug 2023 23:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42216

Actions (login required)

View Item View Item