ANALISIS PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEMA KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS IV DI SDN SISIK TIMUR

FENY, AFRIATMEI (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEMA KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS IV DI SDN SISIK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ALHAMDULILLAH SKRIPSI FENY AFRIATMEI.fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
pembukuan jurnal feny.pdf

Download (980kB) | Preview

Abstract

Projek penguatan profil pelajar pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpisikan gambaran pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila serta untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila pada tema kearifan local siswa kelas IV SDN Sisik Timur. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data menurut Milles and Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, data display (penyajian data) dan conclusing drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila ini ada 4 tahap yaitu tahap pengenalan, tahap kontekstual, tahap aksi dan tahap refleksi. Faktor pendukung dari pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pacasila ini adalah adanya lahan yang kosong, tanah yang subur, adanya pupuk organik dari limbah ternak dan orang tua siswa. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana dan prasarana, biaya yang cukup mahal dan kurangnya pengetahuan guru tentang penanaman. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat tersebut dengan siswa membawa alat alat yang kurang dari saran dan prasarana yang ada disekolah dengan tetap memperhatikan kemampuan siswa, dengan menggunakan dana bos dan menggunakan internet sebagai sarana untuk mencari informasi tentang penanaman. Didapatkan kesimpulan melalui analisis peneliti dari pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila pada tema kearifan local siswa kelas IV SDN Sisik Timur ini pelaksanaan projek ini berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan terbukti dengan berhasilnya projek penanaman ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Profil Pelajar Pancasila, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kearifan Lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:21
Last Modified: 23 Aug 2023 07:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42229

Actions (login required)

View Item View Item