ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SDN 1 SUKARARA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR

NUR, LAILI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SDN 1 SUKARARA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURLAILI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Nurlaili_Artikel.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Literasi sains menjadi salah satu keterampilan yang penting untuk dikuasi oleh peserta didik pada abad 21 dikarenakan banyaknya gebrakan baru atau temuan baru yang bermunculan pada abad 21. Namun, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2015 dan 2018 menunjukkan bahwa literasi sains Indonesia tergolong masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN 1 Sukarara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif berupa persentase dan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Siswa dalam kategori tinggi termasuk ke dalam tingkatan literasi sains konseptual (Conceptual Scientific Literacy). (2) Siswa dalam kategori sedang termasuk ke dalam tingkatan literasi sains fungsional (Functional Scientific Literacy). (3) Siswa dalam kategori rendah termasuk ke dalam tingkatan literasi sains nominal (Nominal Scientific Literacy). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN 1 Sukarara berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah berada dalam tiga tingkatan, yakni tingkatan literasi sains konseptual, tingkatan literasi sains fungsional, dan tingkatan literasi sains nominal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Literasi Sains, Perpindahan Kalor, SDN 1 Sukarara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Aug 2023 05:00
Last Modified: 24 Aug 2023 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42233

Actions (login required)

View Item View Item