PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 48 CAKRANEGARA

NURZAITUN, NILLAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 48 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURZAITUN NILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Pendas_Nurzaitun Nillah.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 48 Cakranegara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 48 Cakranegara berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi dan tes yang berbentuk pilihan ganda. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji independent sampel t-test dengan bantuan IBM SPSS statistic 22 for windows pada taraf signifikansi 5%. Dari data didapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu pretest (50,56) dan posttest (85,40), sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu pretest (53,80) dan posttest (76,20). Dari hasil uji independent sampel t-test diperoleh nilai sig 2 talled 0.01 < 0.05, dan hasil t hitung 3, 675 dan t tabel 1,677 yang berarti t hitung (3,675) > t tabel (1,677) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 48 Cakranegara

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Learning, Talking Stick, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:05
Last Modified: 24 Aug 2023 06:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42240

Actions (login required)

View Item View Item