EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 48 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023

JANI, FEBRIANI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 48 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Jani Febriani_E1E019165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal jani.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 48 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi experimental. Bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control grup desaign. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan data hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan bersifat homogen, sehingga dapat dilakukan uji hipotesis (independent sample t-test). Berdasarkan uji independent sample t-test, data posttest siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,036 < 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara ratarata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan model pembelajaran konvesional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 48 Cakranegara Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:38
Last Modified: 24 Aug 2023 08:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42245

Actions (login required)

View Item View Item