PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN 4 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023

KUR, NIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN 4 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KURNIA_E1E019174.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penagaruh model pembelajaran Project Bades Learning (PjBL) berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 4 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mencari pengaruh model pembelajaran Project Bades Learning (PjBL) berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep IPA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Nonequivalen Control Group Desaign. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel yang digunakan seluruh kelas V yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengambilan data penelitian ini terdapat uji prasyarat analisis data yaitu dengan melakukan uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorof smirnov, uji homogenitas menggunakan leneve, dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample T-test. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji hipotesis adalah sig 2-tailed < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Pada taraf signifikan 0,05 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu sig 2-tailed < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa Kelas V SDN 4 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Pemahaman Konsep, LKPD dan Project Based Learning,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:38
Last Modified: 24 Aug 2023 08:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42248

Actions (login required)

View Item View Item