SITI, JAMILA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI SITI JAMILA_E1Q019071.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
Text
JURNAL SITI JAMILA_E1Q019071.pdf Download (517kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Mataram yang berjumlah empat kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sumpling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas XI IPA 1 yaitu 80,75 dan nilai rata-rata siswa kelas XI IPA 3 yaitu 68,84, secara stastistik data tes hasil belajar tersebut terdistrubusi normal dan homogen. Data hasil belajar di analisis menggunakan t-test Polled Varians, diperoleh sebesar 6,26 dan sebesar 2,00 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 5, sehingga didapatkan lebih besar daripada , maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar gelombang berjalan dan gelombang stasioner siswa kelas XI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Problem Based Learning, Media PhET, dan Hasil Belajar Fisika Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:46 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 07:46 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42271 |
Actions (login required)
View Item |