FADHILLA, MAHARANI (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMKN 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI RANI JILID.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
Text
Artikel Skripsi Rani.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
LOA MAHARANI JUNI 2023.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) berorientasi kemampuan berpikir kritis siswa SMK yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4D (define, design, develop, and disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Validitas produk dinilai oleh dua validator dengan analisis skala likert. Kepraktisan ditentukan dari hasil observasi melalui lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan efektivitas diperoleh dari uji coba terbatas untuk menilai N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan: (1) Valid, dengan nilai rata-rata yang didipatkan sebesar 75%, (2) Praktis, persentase rata-rata keterlaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 91,17%, dan (3) Efektif, nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis sebelum implementasi model PBL didapatkan sebesar 17,31 dan setelah implementasi sebesar 75,75 kemudian dilakukan uji N-gain dan didapatkan peningkatan sebesar 0.71. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) berorientasi kemampuan berpikir kritis valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 00:28 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 00:28 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42281 |
Actions (login required)
View Item |