PENGEMBANGAN MEDIA “ROPUSA” RODA PUTAR AKSARA PADA MATERI AKSARA JEJAWAN BAHASA SASAK KELAS IV SDN PRAYITNA PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

ERIKA OKTAVIANA, PRASETYO (2023) PENGEMBANGAN MEDIA “ROPUSA” RODA PUTAR AKSARA PADA MATERI AKSARA JEJAWAN BAHASA SASAK KELAS IV SDN PRAYITNA PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
terbaruu abis revisi semhas (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text
5350+Prasetyo+et+al.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media “ROPUSA” roda putar aksara berbahan dasar kayu untuk pemahaman tentang materi 18 lambang aksara jejawan bahasa sasak kelas IV SDN Prayitna Praya Kabupaten Lombok Tengah yang valid dan layak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyzel/Analisis, Design/Desain,Development/Pengembangan,Implementatin/Implementasi). Tepat dilakukan penelitian ini yaitu SDN Prayitna Praya Kabupatenh Lombok Tengah. Dengan teknik pengumpulan data observasi, angket, dan dokumentasi Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Prayitna Praya Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 15 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah media “ROPUSA” roda putar aksara. Prosedur pembuatan media “ROPUSA” melewati tahap pengembangan ADDIE (Analyzel/Analisis, Design/Desain,Development/Pengembangan,Implementatin/Implementasi). Dan menggunakan desain awal dengan canva dan pembuatan dengan menggunakan bahan dasar kayu MDF + Pinus. Instrumen penelitian ini yang digunkan adalah lembar angket validasi ahli media dan materi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media “ROPUSA” roda putar aksara pada materi aksara jejawan Bahasa Sasak mendapatkan 88,57% dengan kriteria sangat layak dari ahli media, presentase 85,88% dengan kriteria sangat layak dari ahli materi, dan presentase 85,84% dengan presentase sangat baik dari angket respon peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa media “ROPUSA” roda putar aksara pada materi aksara jejawan sudah layak digunakan dari aspek valid dan kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa sasak kelas IV materi aksara jejawan di SDN Prayitna Praya Kabupaten Lombok Tengah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media “ROPUSA” roda putar aksara , aksara jejawan , bahasa sasak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 00:28
Last Modified: 28 Aug 2023 00:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42282

Actions (login required)

View Item View Item