ANALISIS BUTIR SOAL PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2021/2022

YUSRI, HAYATI (2023) ANALISIS BUTIR SOAL PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUSRI HAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL YUSRI HAYATI.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (743kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dan persentase kesesuaian butir soal buatan guru dengan indikator pada RPP Guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Lombok Tengah, validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran, butir soal pada RPP Guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Lombok Tengah. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah RPP biologi kelas X pada 6 sekolah Negeri di Kabupaten Lombok Tengah. Teknik analisis yang akan peneliti gunakan menurut Sugiyono (2018) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah kesesuaian butir soal buatan guru dengan indikator pada RPP Guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Lombok Tengah sangat sesuai. Persentase kesesuaian butir soal buatan guru dengan indikator pada RPP Guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Lombok Tengah adalah 100%. Validitas soal SMAN 1 Pringgarata adalah 5, SMAN 1 Jonggat 6 pertanyaan, SMAN 1 adalah 6, SMAN 1 Praya adalah 9 pertanyaan, SMAN 2 Praya adalah 6 pertanyaan yaitu pada pertanyaan, SMAN 4 Praya adalah 6 pertanyaan, reliabilitas pada seluruh sekolah SMA di Lombok Tengah adalah reliable pada 20 soalnya, daya beda mendapatkan kategori dapat dibedakan pada mayoritas soalnya, dan tingkat kesukaran mayoritas soal di sekolah SMA di Lombok Tengah cenderung mudah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biologi, Butir Soal, RPP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:40
Last Modified: 28 Aug 2023 08:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42328

Actions (login required)

View Item View Item