KREATIVITAS GURU DI ABAD 21 DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN SEMINAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SAFIRA PUTRI, INSANI (2023) KREATIVITAS GURU DI ABAD 21 DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN SEMINAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi safira putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
4796-Article Text-23992-1-10-20230822.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru abad 21 dalam mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa kelas IV SDN Seminar Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Seminar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa yang mengalami kejenuhan belajar yang ditandai dengan timbulnya gejala kelelahan emosi, kelelahan fisik, kelelahan kognitif dan kehilangan motivasi. Gejala tersebut dicirikan dengan timbulnya rasa jenuh, bosan, perubahan suasana hati, kesulitan mengelola emosi, pusing, konsentrasi menurun dan lainnya. Namun, hal ini dapat diatasi oleh guru abad 21. Berkat kreativitas yang dimiliki dapat merancang kegiatan pembelajaran yang mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kreativitas, guru abad 21, kejenuhan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:48
Last Modified: 28 Aug 2023 08:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42354

Actions (login required)

View Item View Item