PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SU, HARTI (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FINAL SKRIPSI_SUHARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SUHARTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelyakan dan kepraktisan video pembelajaran berbasi animaker pada mata pelajaran IPA kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian R & D dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: define (pendefinisian), design (merancang), develop (mengembangkan), dan dessiminate (menyebarluaskan). Metode pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari ahli materi, ahli media, angket respon guru, dan respon peserta didik. Hasil penelitian media video pembelajaran berbasis animaker terdiri dari hasil validasi kelayakan oleh ahli materi memperoleh persentase 95,2% dalam kategori sangat layak dan hasil validasi kelayakan dari ahli media memperoleh persentase sebesar 86,9% dalam kategori sangat layak. Hasil respon guru sebesar 97,5% itu dalam kategori sangat praktis dan hasil dari respon peserta didik diperoleh rata-rata 88,64% dengan kategori sangat praktis, sehingga dapat dismpulkan bahwa video pembelajaran berbasis animaker pada mata pelajaran IPA Kleas IV SDN 15 Cakranegara dinyatakan layak dan praktis digunakan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Video pembelajaran, Animaker, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:09
Last Modified: 30 Aug 2023 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42389

Actions (login required)

View Item View Item