NILAI-NILAI KEHIDUPAN DAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK DALAM BUKU SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KURIKULUM 2013

BAIQ AULIA, SUSTIKA (2023) NILAI-NILAI KEHIDUPAN DAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK DALAM BUKU SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
3. ARTIKEL.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kehidupan dan unsur-unsur pembangun teks cerita pendek dalam buku siswa pelajaran bahasa Indonesia kelas XI penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif , karena data yang diperoleh dalam bentuk kata-kata dan hal yang diamati adalah kalimat serta kutipan paragraf yang terdapat di dalam dua cerita pendek yang berjudul Robohnya Surau Kami Karya A.A Navis dan Matahari Tak Terbit Pagi Ini karya Fahkrunnas MA Jabbar yang berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan, unsur-unsur pembangun, dan struktur teks cerita pendek. Data dianalisis menggunakan metode kajian isi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dekumenter. Hasil analisis dalam teks cerita pendek Robohnya Surau Kami dan Matahari Tak Terbit Pagi Ini dapat diketahui bahwa terdapat 4 nilai yang sudah diklasifikasi, terdiri atas: 1) nilai agama meliputi beriman (mengakui adanya Tuhan), berdoa dan beribadah, bersyukur, dan tawakal (berserah diri). 2) nilai sosial meliputi tolong menolong, saling menghormati, bertanggung jawab, kasih sayang, dan kesetian. 3) nilai moral meliputi bekerja keras, sabar, tegar, sombong, memetingkan diri sendiri (egois), empati, dan jujur. 4) nilai budaya meliputi firth id, takziah dan legenda. Adapun unsur-unsur pembangun teks cerita pendek Robohnya Surau Kami dan Matahari Tak Terbit Pagi Ini dapat diketahui bahwa terdapat 7 unsur- unsur pembangun yang sudah diklasifikasi, terdiri atas: tema, tokoh dan penokohan, latar/setting (latar, tempat, waktu dan suasana), alur/plot, sudut pandang, amanat dan gaya bahasa. Sementara itu, struktur teks yang terdapat dalam kedua cerita pendek tersebut tedapat 7 bagian yang sudah diklasifikasi, terdiri atas: bagian abstrak, bagian orientasi, bagian komplikasi, bagian klimaks, bagian resolusi, bagian evaluasi, dan bagian koda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): nilai-nilai kehidupan, unsur-unsur pembangun, struktur, cerita pendek.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:09
Last Modified: 30 Aug 2023 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42408

Actions (login required)

View Item View Item