PENGEMBANGAN MEDIA MOGA (MONOPOLI GAME) PADA MATERI PANCASILA KELAS III SDN 31 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023

HAERIYATUL, MONA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MOGA (MONOPOLI GAME) PADA MATERI PANCASILA KELAS III SDN 31 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Haeriyatul Mona_CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
MONA JURNALLLL.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran MOGA (Monopoli Game) berbasis permainan pada materi Pancasila, mengetahui kelayakan media MOGA dari aspek kepraktisan, keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahapan, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SDN 31 Cakranegara, Kecamatan Sandubaya, Cakranegara. Alat pengumpulan data menggunakan, wawancara, angket dan tes pilihan ganda. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran MOGA (Monopoli Game) berbasis permainan pada materi Pancasila untuk kelas III SD. Kelayakan media MOGA (Monopoli Game) pada materi Pancasila berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria layak dengan persentase 83%, dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 90,5%, sedangkan respon guru mendapatkan kriteria sangat praktis dengan peresentase 91,6%. Berdasarkan hasil rata-rata pretest dan posttes didapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 41,25 dan diperoleh N-gain dengan kriteria tinggi ada 28 siswa dan 4 siswa memperoleh N-gain dengan kriteria sedang. Nilai rata-rata N-gain secara keseluruhan sebesar 0,83 yang menunjukkan bahwa peningkatan nilai siswa berada pada kriteria tinggi. Jika dilihat dari kriteria ketuntasan maksimum (KKM) yaitu 75, maka persentase tingkat ketuntasan nilai siswa sebesar 100% dengan rata-rata posttest yaitu 90,62. Maka dapat dinyatakan bahwa media MOGA (Monopoli Game) berbasis permainan sudah layak, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas III SDN 31 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media, monopoli game, Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:09
Last Modified: 30 Aug 2023 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42413

Actions (login required)

View Item View Item