PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X SMAN 7 MATARAM

SUMAR, NI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X SMAN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUMARNI (E1M019087).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal + Skripsi + Sumarni.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap penguasaan konsep materi pokok stoikiometri siswa kelas X IPA SMAN 7 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Solving dan penguasaan konsep. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Solving pada materi stoikiometri sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah penguasaan konsep pada materi stoikiometri siswa kelas X IPA SMAN 7 Mataram. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas X IPA SMAN 7 Mataram. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang dikumpulkan dengan teknik tes. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (2,33) > ttabel (1,67). Hasil tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Solving memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model konvensional terhadap hasil belajar kimia materi stoikiometri pada kelas X IPA SMAN 7 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Problem Solving, hasil belajar, stoikiometr
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:30
Last Modified: 30 Aug 2023 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42417

Actions (login required)

View Item View Item